Warga Sulut Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem Hingga Pekan Depan

INDOBMR.COM, Sulut – Warga Sulut diminta untuk mewaspadai cuaca ekstrem di wilayah tersebut yang diprakirakan akan berlangsung hingga pekan depan.

Hal itu sebagaimana informasi dari siaran pers Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulut, Rabu (14/04/2021).

Menurut BMKG, peningkatan kecepatan angin rata-rata di wilayah Sulut dan sekitarnya, berada berkisar antara 8-10 Knot.

Warga Sulut pun diminta mewaspadai badai tropis Surigae (sebelumnya disebut 94W), yang merupakan kembangan dari bibit siklon tropis di utara Papua.

Badai tropis itu diperkirakan berpotensi menjadi Badai Tropis Kuat atau Siklon Tropis Surigae (STS) bahkan Taifun atau Typhoon (TY) pada 16 April 2021.

Dalam siaran pers itu juga dikatakan, akan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang bahkan berpotensi hujan lebat di Sulut, sebagai dampak tidak langsung bagi untuk wilayah yang berdekatan dengan STS.

Gelombang laut pun mengalami peningkatan hingga puncaknya yang diperkirakan pada 18 April 2021, dengan kategori sangat tinggi, yakni 4,0 – 6,0 m di wilayah Perairan Kepulauan Sitaro, Sangihe, dan Talaud, serta Laut Maluku bagian utara.

Warga Sulut Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem Hingga Pekan Depan

Terkait hal itu, Pemprov Sulut melalui akun sosial media Facebook juga telah mengeluarkan imbauan agar masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana agar meningkatkan kewaspadaannya. (im)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*