Imbalu' Bulan, Kesempatan Mengais Rezeki di Awal Ramadan

Imbalu’ Bulan, Kesempatan Mengais Rezeki di Awal Ramadan

Imbalu’ Bulan, Kesempatan Mengais Rezeki di Awal Ramadan

INDOBMR.COM, Bolmong – Bulan suci bagi umat muslim di seluruh dunia, Ramadan 1442 Hijriyah telah tiba.

Untuk umat muslim, Ramadan adalah bulan mulia yang selalu dirindukan dan dinanti-nanti kehadirannya, karena berkah yang menyertainya.

Keberkahan turut dirasakan Susan Boimbang, warga desa Poigar I, yang memanfaatkan momen Imbalu’ bulan menyambut kedatangan bulan Ramadan dengan menjual pelampung kepada warga yang akan melaksanakan prosesi tersebut.

Diketahui, prosesi Imbalu’ bulan atau disebut juga mandi safar, adalah tradisi warga Bolmong yang diawali dengan pembacaan doa oleh imam atau tokoh agama bersama warga sebelum dilanjutkan dengan membasuh diri atau mandi bersama di pantai atau sungai, sebagai tanda pembersihan diri dan kesiapan menyambut bulan suci Ramadan.

Lokasi rumah Susan yang berada dekat pantai desa Poigar I, merupakan lokasi strategis menjual pelampung berbagai warna yang disukai anak-anak untuk dipakai berenang di pantai.

“Usaha pelampung ini merupakan usaha musiman, setiap memasuki bulan puasa,” ucap Susan yang kesehariannya berprofesi sebagai pedagang di pasar Poigar.

Dikatakan Susan, keuntungan dari menjual pelampung setiap awal puasa bisa mencapai dua kali lipat.

“Alhamdulillah, 3 hari terakhir penjualan cukup bagus,” ujar Susan.

Susan pun mengungkapkan, pada tahun kemarin dirinya tidak bisa berjualan karena pandemi COVID-19.

“Tahun lalu tidak bisa berjualan karena Corona,” kata Susan

Karenanya Susan pun berharap, agar pandemi segera berakhir dan perekonomian kembali normal.

“Karena kalau menjual pelampung, meski keuntungannya lumayan, tapi kan musiman. Kalau kesehariannya terus terang penghasilan dari berdagang cukup goyah. Insya Allah semoga pandemi ini cepat berakhir,” harap Susan. (im)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*