Komunitas Kreatif "Binelek," Menjawab Bully-ing Lewat Film KBK?
Komunitas Kreatif "Binelek," Menjawab Bully-ing Lewat Film KBK?

Komunitas Kreatif “Binelek,” Menjawab Bully-ing Lewat Film KBK?

Komunitas Kreatif “Binelek,” Menjawab Bully-ing Lewat Film KBK?
KOTAMOBAGU, INDOBMR.COM – Kiapa blum kaweng (kenapa belum menikah?), kapan kaweng? (kapan menikah?) dan pertanyaan sejenis, kerapkali dilontarkan dan telah menjadi kalimat yang dianggap lumrah; entah serius menanyakan atau mem-bully, di masyarakat kita. Dan biasanya ditujukan kepada mereka yang telah dianggap pantas melakoninya, tetapi belum melaksanakannya.
Berangkat dari hal itu, sekelompok anak muda yang tergabung dalam komunitas kreatif “Binelek” mencoba mengangkat fenomena tersebut lewat film pendek karya mereka yang berjudul ‘Kiapa Blum Kaweng? (KBK?)’
Saat diwawancarai, salah satu penulis cerita yang juga bertindak selaku editor film, Muaz Manoppo, mengatakan, meski merupakan hal yang umum, tetapi pihaknya coba mengangkat dari sisi yang berbeda.
“Jadi kami menceritakannya dari sisi seseorang yang sering dibully, karena di lingkaran pertemanannya hanya dia yang belum menikah,” ujar Muaz.
Pernyataan itu dibenarkan oleh Rama Lensun yang juga terlibat dalam penulisan cerita dan bertindak sebagai kameramen di film ‘KBK?’
“Tak bisa dipungkiri, masyarakat kita kebanyakan hanya melihat hasil tanpa melihat proses atau perjuangan seseorang. Jadi lewat film ini, kami mencoba menyampaikan bahwa sesungguhnya ada perjuangan dibalik itu. Meski masih gagal,” tutur Rama.
Terpisah, sutradara ‘KBK?’ Udi Masloman, mengungkapkan, untuk pemilihan cast dan OST (Original Soundtrack) dalam film, pihaknya melibatkan talenta-talenta lokal yang ada di Bolmong Raya.
“Termasuk komunitas Fotografi Instanusantara Sulut, Komunitas Android Mongkonai dan Ngejam Band, terlibat dalam pengerjaan film dan OST,” ungkap Udi.
Udi melanjutkan, meski diakui masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki, pihaknya berencana untuk terus berkarya lewat film.
“Insya Allah, saat ini kami sedang dalam proses pengerjaan film kedua. Tentunya masih melibatkan talenta-talenta lokal BMR, baik cast dan OST-nya,” kata Udi.
Saat ditanyakan tema apa yang akan diangkat dalam film kedua mereka, Udi mengaku belum bisa mengungkapkannya.
“Doakan saja insya Allah lancar, dan bisa segera tayang. Dan jika kalian masih ingin kami terus berkarya, tolong bantu dengan memberikan like, comment dan subscribe channel youtube Binelek,” tutup Udi.
Diketahui, film pertama dari Binelek mendapat respon yang cukup positif dari pengguna youtube. Untuk kalian yang belum menontonnya silakan kunjungi link ini  Kiapa Blum Kaweng? (AM/IB)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*