Ajukan Usulan Perda Kota Layak Anak

Dinas PP dan PA Ajukan Usulan Perda Kota Layak Anak

Dinas PP dan PA Ajukan Usulan Perda Kota Layak Anak
KOTAMOBAGU, INDOBMR.COM – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA) Pemkot Kotamobagu, akan mengajukan usulan Peraturan Daerah (Perda) Kota Layak Anak.
Hal itu sebagaimana diungkapan Kepala Dinas PP dan PA Kotamobagu Siti Rafiqa Bora melalui Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan, Perlindungan Khusus Anak dan Pemenuhan Hak Anak, Citra Dewi Ololah kepada indobmr.com, Senin (09/10/17), di ruang kerjanya.
“Ada beberapa poin utama di dalam rancangan Perda Kota Layak Anak tersebut,” ujar Citra.
Pemenuhan hak anak yang diantaranya memuat poin Pemerintah wajib menyediakan sarana bermain anak, jelas Citra, merupakan salah satu poin dalam rancangan Perda tersebut.
“Juga ada poin terkait hak sipil dan kebebasan anak. Dimana tujuannya minimal 85% anak di Kotamobagu harus memiliki akte lahir,” ucap Citra.

(Berita terkait : Pemkot Soroti Penegendara Bermoto Dibawah Umur)

Tidak hanya itu saja, lanjut Citra, poin hak anak juga memuat tentang hak pendidikan untuk anak di wilayah calon ibu kota provinsi Bolaang Mongondow Raya tersebut.
“Itu mencakup poin agar anak berhak untuk tidak putus sekolah, dan mengenyam pendidikan minimal hingga lulus SMA,” kata Citra.
Citra menambahkan, pihaknya saat ini sedang mematangkan rancangan Perda Kota Layak Anak tersebut.
“Karena untuk rancangan Perda, kita membutuhkan kajian dan naskah akademis. Untuk selanjut diajukan sebagai usulan Perda,” demikian Citra.

(Berita terkait : Cegah KDRT dan Kekerasan Terhadap Anak, Pemkot Gelar Sosialisasi)

Diketahui, menjadikan Kota Kotamobagu sebagai Kota Layak Anak, menjadi salah satu tujuan Utama Pemkot Kotamobagu dibawah komanda Wali Kota Tatong Bara. (udi)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*