Sejumlah Ruas Jalan Nasional di Kotamobagu Mulai Diperbaiki

Sejumlah Ruas Jalan Nasional di Kotamobagu Mulai Diperbaiki

Sejumlah Ruas Jalan Nasional Mulai di Kotamobagu Diperbaiki
KOTAMOBAGU, INDOBMR.COM – Sejumlah ruas jalan nasional yang berlubang di Kota Kotamobagu, dan dikeluhkan warga sudah mulai diperbaiki.
Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kotamobagu Sande Dodo, Selasa (26/09/17), perbaikan itu merupakan tanggung jawab pihak Balai Pelaksana Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PU.
“Jalan nasional memang bukan merupakan kewenangan Dinas PU Kotamobagu,” ujar Sande.
Menurut Sande, penetapan status jalan yang menjadi kewenangan nasioanal, Provinsi dan daerah, sudah diatur dalam Kepmen (Keputusan Menteri) Pekerjaan umum No.631/KPTS/M/2009 tentang penetapan ruas-ruas jalan menurut statusnya sebagai jalan nasional bukan jalan tol.

(Baca juga : Pemkot Terus Perjuangkan Pembangunan Jalan Lingkar)

“Disitu jelas diatur bahwa sebagian jalan di berbagai wilayah kota atau kabupaten, masih berstatus jalan nasional,” ucap Sande.
Dengan aturan tersebut, jelas Sande, tentunya semua biaya perawatan dan perbaikannya berada di Direktorat Jenederal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum.
“Tetapi kami (Dinas PU Kotamobagu, Red.) tetap melakukan koordinasi. Dan sekarang kan sudah mulai dilakukan pemeliharaan ruas jalan nasional, dengan penambalan jala yang berlubang,” demikian Sande.
Diketahui, sebelumnya sejumlah warga mengeluhkan kondisi jalan nasional yang mulai berlubang dan membahayakan pengguna jalan. Seperti jalan di Matali arah menuju Pobundayan dari simpang empat lampu merah. Dan arah menuju Kelurahan Motoboi dari simpang empat lampu merah Matali. (udi)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*