Dagangan Bahan Makanan Pasar
Mobile Lab milik BPOM

Dagangan Bahan Makanan Pasar 23 Maret Bebas Bahan Berbahaya

Dagangan Bahan Makanan Pasar 23 Maret Bebas Bahan Berbahaya
KOTAMOBAGU, INDOBMR.COM – Bahan makanan yang diperdagangkan di Pasar 23 Maret Kelurahan Gogagoman Kecamatan Kotamobagu Barat, dinyatakan bebas dari bahan berbahaya.
Demikian hasil pemeriksaan Dinas Perdagangan dan Koperasi Kota Kotamobagu yang menggandeng Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Manado, Kamis (28/09/17), pagi tadi.
Menurut Kepala Seksi Pasar Dinas Perdagangan dan Koperasi Hendra Manoppo yang mewakili Kepala Dinas Herman Aray, Pasar 23 Maret dipilih untuk dilakukan uji bahan makanan karena merupakan salah satu Pasar sehat di Sulawesi Utara.
“Dari hasil pemeriksaan, belum ditemukan bahan berbahaya apapun dalam dagangan bahan makanan yang dijual di Pasar 23 Maret,” ujar Hendra.
Adapun yang diperiksa oleh pihaknya dan BPOM Manado, jelas Hendra, yaitu kandungan boraks, rodamin dan pewarna makanan berbahaya yang tidak diperkenankan untuk dikonsumsi.
“Bahan makanan yang diperiksa apakah memiliki kandungan bahan berbahaya, diantaranya tempe, ikan kering, tahu, serta makanan yang kerap menggunakan bahan pengawet lainnya,” imbuh Hendra.
Hendra melanjutkan, dari sekian sampel yang diuji di laboratorium mobil milik BPOM, hasilnya negative.
“Hasilnya negative, tidak ditemukan kandungan bahan berbahaya. Sehingga aman dikonsumsi oleh masyarakat,” demikian Hendra.
Diketahui, uji sampel langsung dilakukan lokasi menggunakan fasilitas mobile lab atau laborotarium keliling yang berada di Mobil mini bus milik Badan Pengawas Obat dan Makanan Manado. (udi)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*