Bawaslu Siap Luncurkan Aplikasi go-Awaslu

Bawaslu Siap Luncurkan Aplikasi go-Awaslu

Bawaslu Siap Luncurkan Aplikasi go-Awaslu
KOTAMOBAGU, INDOBMR.COM – Untuk mendukung pencegahan kecurangan dalam penyelenggaraan Pemilu di berbagai tingkatan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyiapkan aplikasi go-Awaslu.
Hal itu diungkapkan Komisioner Bawaslu Provinsi Sulut Johny Alexander Sua, Selasa (05/09/17), dalam Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di Kinalang meeting Room Hotel Sutan Raja Kotamobagu.
“Dengan aplikasi ini, diharapkan bisa dengan cepat mendeteksi adanya pelanggaran dalam pelaksanaan Pemilu,” ujar Johny saat memberikan materi.
Dengan adanya aplikasi itu, jelas Johny, masyarakat bisa secara langsung melaporkan jika ada indikasi terjadinya kecurangan.
“Tetapi sifatnya hanya laporan awal saja,” ucap Johny.
Aplikasi tersebut, dijelaskan Johny, menjamin kerahasiaan identitas pelapor. Dan begitu menerima laporan, maka Panwaslu yang akan turun menyelidiki indikasi kecurangan.
“Selama ini kan laporan pelanggaran kurang, dikarenakan masyarakat enggan terlibat sebagai saksi. Jadi dengan aplikasi ini, masyarakat sebatas pemberi laporan awal, sisanya menjadi urusan Panwaslu,” kata Johny.

(Berita Terkait : Pemkot Kotamobagu Siap Mendukung Kinerja Bawaslu)

Pada kegiatan yang sama, Komisioner Bawaslu lainnya Samsurizal Ajimusa mengingatkan kembali, tentang ancaman hukum pelanggaran Pemilu.
“Sekarang UU Pemilu aturannya lebih ketat. Jika terbukti melakukan pelanggaran, akan dihukum 36 bulan penjara,” tegas Samsurizal.
Kegiatan yang dibuka oleh Asisten II Pemkot Kotamobagu Gunawan Damopolii tersebut dihadiri Komisioner Panwaslu Kotamobagu, Komisioner Panwaslu Kabupaten Bolmong, Komisioner Panwaslu Kabupaten Boltim dan Komisioner  Panwaslu Kabupaten Bolsel.
Sementara, sejumlah tokoh masyarakat, Mahasiswa, Pelajar dan Media Massa, juga hadir sebagai undangan. (udi)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*