DPMPTSP Total Layani 76 Jenis Perizinan

Finance Bermasalah Hukum Bisa Dicabut Izin Usaha

Finance Bermasalah Hukum Bisa DIcabut Izin Usaha.
KOTAMOBAGU, INDOBMR.COM – Perusahaan pembiayaan atau Finance di Kotamobagu yang bermasalah dengan hukum, bisa dibekukan atau dicabut izin usahanya.
Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kotamobagu Noval Manoppo, Rabu (08/02/17) saat bersua indobmr.com di ruang kerjanya.
“Bisa dibekukan atau dicabut izin usahanya, jika bermasalah dengan hukum,” kata Noval.
Penegasan Noval itu, menyusul banyaknya keluhan masyarakat terkait penarikan barang kredit oleh pihak finance secara paksa melalui debt collector.
“Tetapi tentunya, kami tak bisa mengambil tindakan, jika tak ada laporan masyarakat yang mengalami hal tersebut ke pihak Kepolisian,” jelas Noval.
Karena itu, lanjut Noval, jika ada masyarakat yang mengalami penarikan barang kredit secara paksa, jangan segan-segan melaporkan ke pihak yang berwajib.
“Karena kewenangan kami sebatas persoalan izin usaha,” ucap Noval.
Terpisah, Pengacara Eldy Satria Noerdin, SH menjelaskan, memang pihak finance selaku kreditur memiliki hak eksekusi berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No. 130/PMK.010/2012 tentang Pendaftaran Fidusia Bagi Perusahaan Pembiayaan .
“Tetapi ada norma atau tata cara untuk melakukan penarikan. Tidak bisa juga dilakukan secara paksa yang berpotensi melanggar hukum,” kata Eldy.
Eldy mencontohkan, pihak Pengadilan saja saat melakukan eksekusi dan mendapat penolakan, bisa memundurkan jadwal eksekusi.
“Cara-cara penarikan seperti itu kalau terus dibiarkan, berpotensi memunculkan masalah dikemudian hari. Karena bisa saja ada yang menyamar menjadi debt collector, dan mengambil barang ke debitur dengan menyamar sebagai utusan finance,” demikian Eldy. (udi)
Finance Bermasalah Hukum Bisa DIcabut Izin Usaha.

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*