Baleg Bahas Ranperda Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Baleg Bahas Ranperda Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Baleg Bahas Ranperda Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.
KOTAMOBAGU, INDOBMR.COM – Menindaklanjuti kesepakatan dalam Paripurna tingkat I, Rabu (22/02/17), Baleg (Badan Legislasi) DPRD Kotamobagu lakukan pembahasan Ranperda Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa bersama Pemkot Kotamobagu di Gedung Legislatif Kelurahan Kotobangon.
Dikatakan Ketua Baleg Ishak Sugeha usai pembahasan kepada indobmr.com, Ranperda tersebut telah selesai dibahas dengan pihak eksekutif.
“Sudah selesai dan siap dibawa ke tahapan selanjutnya,” ujar Ishak.
Menurut Ishak, ada beberapa poin dalam Ranperda tersebut. Diantaranya persyaratan usia pengangkatan perangkat Desa.
“Syarat usia untuk diangkat sebagai perangkat Desa, yaitu umur 20-42 tahun. Harus dicari yang masih enerjik, karena ini menyangkut pelayanan kepada masyarakat,” jelas Ishak.
Sementara, lanjut Ishak, syarat untuk maju sebagai calon Kepala Desa maksimal 60 tahun.
“Tetapi ini kan masih draft. Ada beberapa tahapan lagi yang harus dilewati, sebelum Ranperda ini disahkan menjadi Perda,” demikian Ishak.
Dikatakan Ishak, Ranperda itu adalah inisiatif dari pihak Eksekutif.
“Jadi kita menghargai pihak eksekutif dengan membahas Ranperda inisiatif mereka, sebagai yang perdana di awal 2017. Selain tentunya, faktor kebutuhan di masyarakat yang mendesak, sehingga Ranperda ini diprioritaskan sebagai yang pertama dibahas,” demikian Ishak.

(Berita terkait : Adrianus : Sangadi Jangan Jadi Provokator)

Diketahui, Ranperda Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa itu, merupakan satu dari 6 Ranperda yang disepakati untuk dibahas menjadi Perda dalam Paripurna Tahap I beberapa waktu sebelumnya.
Hadir dalam pembahasan tersebut, Asisten I Pemkot Kotaobagu Nasrun Gilalom, Kabag Tata Praja Anas Tungkagi, Kabag Hukum Sarida Mokoginta. (udi)
Baleg Bahas Ranperda.

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*