Ini Tarif Sewa Rusunawa Gogagoman

Lampu Jalan Bakal Dialihkan Ke Prabayar

rencananya bakal dialihkan ke prabayar, yang bisa menghemat anggaran hingga ratusan juta rupiah.
KOTAMOBAGU, INDOBMR.COM – Lampu jalan di wilayah Kotamobagu rencananya bakal dialihkan ke prabayar, yang bisa menghemat anggaran hingga ratusan juta rupiah.
Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Wilayah Pemukiman Kotamobagu Imran Amon, Kamis (19/01/17) di ruang kerjanya.
Menurut Imran, ada 2039 titik lampu jalan yang terbagi kedalam 136 box atau kotak meteran. Dimana satu kotak meteran terpakai untuk 20 lampu jalan.
“Setelah diuji memakai listrik prabayar dengan nomimal Rp 1 juta, ternyata tidak habis untuk pemakaian selama satu bulan,” ujar Imran.
Sehingga, lanjut Imran, total yang dana yang terpakai hanya sebesar Rp 136 juta.
“Selama ini, biaya perbulannya untuk pembayaran lampu jalan memakai kontrak pascabayar, sebesar Rp 900 juta,” imbuh mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah itu.
Dijelaskan Imran, itu dikarenakan jika menggunakan kontrak pascabayar, meski lampu mati tetap dihitung. Dan hal yang sama tidak berlaku untuk prabayar.
“Menggunakan prabayar, di siang hari saat lampu mati, bisa menghemat daya. Bayangkan dana yang bisa dihemat, bisa mencapai ratusan miliar,” ucap Imran.
Mengenai kapan waktunya pengalihan tersebut, Imran mengatakan pihaknya akan berkonsultasi dulu dengan Sekretaris Kota Kotamobagu, Tahlis Gallang.
“Akan dilaporkan dulu ke Pak Tahlis,” demikian Imran. (udi)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*