Usulkan Pengadaan Mobil Pintar

Bambang : Belum Ada Kabar Pengembalian Artefak Bolmong

Belum Ada Kabar Pengembalian Artefak Bolmong.
KOTAMOBAGU, INDOBMR.COM – Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) Kota Kotamobagu, hingga saat ini belum mendapat kabar terbaru terkait pengembalian 1500 artefak Indonesia, dari Pemerintah Belanda.
“Masih menunggu kabar dari Pemerintah Pusat, apakah dari 1500 artefak yang dikembalikan, ada merupakan artefak milik Bolaang Mongondow,” kata Bambang saat dikonfirmasi Indobmr.com, Selasa (31/01/17) di ruang kerjanya.
Informasi terakhir yang diterima pihaknya, menurut Bambang, Pemerintah Pusat masih mencari mekanisme terbaik pengembalian artefak tersebut.
“Karena memang tidak mungkin diterima secara gelondongan,” imbuh Bambang.
Harus diatur terlebih dulu, lanjut Bambang, artefak tersebut akan ditempatkan dimana dan siapa yang nantinya akan mengurus.
“Sejarahnya juga harus diverifikasi dulu, jadi mungkin akan memakan waktu cukup lama,” ucap Bambang.
Meski begitu, dijelaskan Bambang, pihaknya siap untuk menampung jika memang ada artefak Bolmong diantara artefak yang dikembalikan nantinya.
“Kalau memang ada insya Allah siap kami tampung, karena itu merupakan kekayaan budaya Bolmong,” demikian Bambang.
Diketahui, pada bulan November 2016 Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengutarakan niat Pemerintah Belanda untuk mengembalikan 1500 artefak Indonesia, yang ada di Museum Nusantara di Kota Delft. (udi)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*