Warga Kotamobagu Terpukau Melihat Supermoon
Fenomena Supermoon Dilihat Dari Kotamobagu

Warga Kotamobagu Terpukau Melihat Supermoon

KOTAMOBAGU, INDOBMR.COM – Fenomena Supermoon yang sedang berlangsung, Senin (14/11) malam ini, memukau warga Kotamobagu.
Berdasarkan pantauan media ini, banyak warga Kotamobagu khususnya remaja mengabadikan momen langka itu, dengan kamera ponsel pintar ataupun kamera SLR. Untuk kemudian diuggah di akun sosial media mereka.
Gaga noh, kong bae le langit ta buka ni malam. Jadi bulan dapa lia jelas (Cantik, terlebih langit tdak berawan malam ini. Jadi bulan terlihat jelas),” ucap Rustam Potabuga warga Mongkonai yang sedang mengabadikan momen itu.
Fenomena alam langka itu, tercatat sebagai supermoon terbesar kedua setelah sebelumnya terjadi 68 tahun yang lalu.
Menurut Thomas Djamaluddin, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) Nasional dilansir dari laman detikcom, Senin (14/11), purnama Supermoon 2016 merupakan yang terdekat dan paling terang kedua sejak 1948.
“Ukuran lebih besar dari rata-rata kalau dibandingkan dengan foto purnama rata-rata. Tanpa perbandingan, sulit mengenali ukuran yang lebih besar tersebut,” jelas Thomas.
Pada tahun 1948 jarak bulan 356.461 km dari Bumi, hanya berselisih 39 km dengan tahun 2016 yang berjarak 356.500 km dari bumi. (im/dtk)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*