Ashari Tegaskan Peruntukan Dandes

Ashari Tegaskan Peruntukan Dandes

BOLMONG, INDOBMR.COM – Sekda Bolmong, Ashari Sugeha tegaskan peruntukan Dana desa (Dandes) adalah untuk pemberdayaan masyarakat di desa, dan tidak diserahkan ke pihak ketiga.
Dikatakan Ashari saat diwawancarai, Selasa (23/08), salah satu tujuan pemanfaatan program pemerintahan Jokowi itu adalah pemberdayaan masyarakat agar terlibat langsung dalam setiap perencanaan dan pembangunan di Desa tempat tinggalnya.

“Kerangka acuan yang wajib dipenuhi dalam pengelolaan Dandes, sudah ada. Termasuk didalamnya, yang terutama pembangunan fisik jangan dipihakketigakan,” ujar Ashari.

Untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa, lanjut Ashari, setiap kegiatan yang direncanakan melalui APBDes, harus melibatkan masyarakat Desa.
“Sesuai undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, setiap desa sudah diberikan keleluasaan untuk mengatur kewenangannya berdasarkan aturan,” imbuh Ashari.
Karenanya, jelas Ashari, jika setiap pelaksanaan kegiatan hanya diperankan Sangadi dan aparat desa, akan menimbulkan kesenjangan dengan masyarakat.
“Apalagi jika dikerjakan oleh pihak ketiga atau kontraktor, bisa menimbulkan masalah,” ucap Ashari.

Tetapi Ashari pun tidak melarang untuk menyewa alat berat, jika ada pekerjaan yang tidak mampu dikerjakan oleh manusia, seperti pembangunan jalan.

“Intinya, setiap kegiatan yang didanai desa, harus bermanfaat langsung ke masyarakat, bukan justru menguntungkan pihak ketiga,” demikian Sahari. (im)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*