Watung dan Istri Akan Dijemput Secara Adat

Watung dan Istri Akan Dijemput Secara Adat

BOLMONG, INDOBMR.COM – Pk Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung bersama istri, dipastikan akan dijemput secara adat, Selasa (26/07) di Kantor Bupati, Lolak. Hal tersebut sebagaimana dikatakan Hairun Mokoginta, selaku perwakilan tokoh adat Bolmong.

“Didampingi unsure Pemerintah, Kami telah menyampaikan undangan kepada Beliau (Adrianus Nixon Watung, red.) pada hari minggu di Manado,” ujar Hairun.

Tradisi mengundang seorang Raja/pemimpin dengan menggunakan bahasa daerah, menurut Haitun, sudah menjadi adat masyarakat Bolmong sejak ratusan tahun yang lalu.

“Tradisi yang telah dilakukan secara turun-temurun sejak jaman kerajaan di Bolmong. hal ini dimaksudkan, agar kedatangan Pj Bupati di Bolmong tidak ada hambatan,” ujar Hairun.

Karena ketika Watung menjadi Pj Bupati maka secara otomatis, ada 3 hal yang melekat kepada dirinya. Yaitu sebagai pemangku adat tertinggi, sebagai kepala pemerintahan tertinggi dan sebagai pelaksana atau pemimpin ritual keagamaan.

“Dengan dilakukannya tradisi seperti ini, diharapkan mulai kedatangan hingga akhir pemerintahan Pj Bupati, tanpa ada hambatan,” jelas Hairun.

Pj Bupati Bolmong, Adrianus Nixon Watung menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi yang tinggi kepada para tokoh adat, masyarakat yang telah menerimanya sebagai Bupati sekaligus pemangku adat tertinggi di Kabupaten Bolmong.

“Saya bersama Istri menerima undangan dari para tokoh adat dan pemkab, untuk menghadiri acara adat. saya pasti mengikuti adat Bolmong,” ujar Watung.

Diketahui, Asisten III pemkab Bolmong Ulfa Paputungan, Kabag Keuangan Paulin Pupuling, Kabag TUP Teguh Krisjati, dan Kadis PU Norma Makalalag, adalah unsur Pemkab Bolmong yang turut serta bersama Hairun dan Dondo Mokoginta selaku perwakilan adat ketika mngantarkan undangan. (im)

 

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*